Halaman

Sabtu, 28 Januari 2012

Definisi Psikologi Pendidikan Menurut Ahli

Witherington terjemahan M. Buchori ( 1987 )
mendefinisikan bahwa psikologi pendidikan sebagai A systematic study of the process and factors involved in the educational of human being is called educational psychology, yakni bahwa psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses - proses dan faktor – faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia. (Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung : PT REMAJA)



Glover dan Ronning ( dalam Elliot, 2000 )
Psikologi pendidikan sebagai penerapan psikologi dan metode – metode psikologi untuk studi perkembangan, belajar, motivasi belajar, pengajaran assesment dan aspek – aspek psikologi lainnya yang berkaitan dengan isu – isu yang berpengaruh dan berinteraksi dengan proses belajar dan pembelajaran. (Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris empiris aplikatif. Jakarta : Kencana.)

Pintrich, 2000
Psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin yang khas yang memiliki terori berbagai teori, metode, dan teknik. Dimasa lalu maupun dimasa kini, para psikolog pendidikan mempelajari tentang belajar dan mengajar dan, pada saat yang sama, berusaha memperbaiki praktik pendidikan. (Woolfolk, anita. 2009. Educational psychology, edisi kesepuluh. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR)


Barlow, 1985
Mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai : a body of knowledge grounded in psychologycal research which provides in teaching learning process. Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber – sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas sebagai seorang guru dalam proses belajar mengajar secara lebih efektif. Tekanan definisi ini secara lahiriah hanya berkisar sekitar proses interaksi antar guru dan siswa. (Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung : PT REMAJA)

Tardif ( 1987 )
Mendefinisikan psikologi pendidikan mirip dengan takrif diatas dalam arti cenderung menganggapnya semata – mata sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku – perilaku manusia untuk usaha – usaha kependidikan. (Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung : PT REMAJA)

Kesimpulan
Psikologi Pendidikan adalah suatu pengetahuan yang cara belajarnya melalui penerapan metode – metode dari berbagai teori dalam kehidupan sehari – hari. Yang didalam teori – teori tersebut memiliki aspek – aspek tentang bagaimana menumbuhkan motivasi untuk belajar, sehingga peserta didik mengetahui karakteristiknya dan mengetahui cara belajarnya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar